Sebelum anda membeli Table saw

Table saw adalah alat yang lumayan cukup mahal dan paling sering di gunakan oleh woodworking. table saw mungkin menjadi alat inti di bengkel kayu, dengan begitu melalukan pembelian atau investasi table saw itu sangan penting bagi woodworker. walaupun investasi cukup besar jika kita membeli alat ini, tentunya menunjang produktifitas kita di bengkel.

mengingat hal itu, berikut daftar fitur apa saja yang perlu di pertimbangkan ketika anda membeli table saw.

 

JENIS TABLE SAW
table saw terbagi dalam 3 kategori :

1. cabinet saw / cabinet table saw
jenis table saw ini adalah gergaji yang terbesar, terberat dan paling mahal. table ini biasanya memiliki top table dengan bahan besi cor dan permukaannya sangat halus. motornya ada dibawah meja , dengan memiliki motor yang sangat besar dan sangat awet, table saw jenis ini biasanya memiliki motor 3hp-5hp.

 

2. Contractor’s Saws/ portable table saw
jenis gergaji ini dirancang agar portable, sering di gunakan kontraktor memakainya di lokasi kerja, dengan demikian table saw ini lebih ringan dan bisa di bawa kemana-mana. top tablenya biasanya terbuat dari alumunium. dengan ukuran meja yang kecil dan ringan, table saw ini biasnaya mempunyai motor 1hp atau lebih kecil dengan daya yang kecil memungkinkan listrik di luar bengkel kerja mampu menyuplai kebutuhan dayanya. portabilitas menjadi hal yang lebih besar dari pada akurasinya.

 

3. hybrid saw
table saw jenis ini ada kombinasi antara cabinet saw dan Contractor’s Saw, beberapa bergaji hybrid mempunyai top table dari besi tuang, trunnion, roda gigi, dan kaki meja yang kuat dan berat agar menjaga gergaji pada ketinggian yang sama dengan meja kerja. kekuatan motor biasanya tidak lebih dari 2hp.

Persyaratan tegangan.
di amerika utara, sebagian besar cabinet table saw menggunakan listriik 220volt bisa 1phase atau 3 phase dalam kasus gergaji komersial yang memiliki tugas berat. sebaliknya untuk contractor saw menggunakan daya 110 volt. hybrid table saw juga ada yang menggunakan 110 volt dan 220 volt.
keuntungan menggunakan motor listrik 220 volt adalah untuk memberi kekuatan daya yang kuat pada table saw. mesin table saw memiliki kecendrungan lebih kecil untuk macet atau slip saat di gunakan untuk pekerjaan berat seperti membelah kayu.

 

 

MATERIALS
cabinet table saw hampir selalu terbuat dari besi cor yang mempunyai permukaan yang di haluskan. ini memungkinkan bagian atas meja menjadi sangat rata dan akurat, dan bobot meja memberikan kestabilan pada table saw. berbeda dengan jenis hybrid table saw dan contractor saw biasanya menggunakan bahan alumunium, granit, baja yang di cat untuk top table nya. beberapa hybrid table saw menggunakan meja yang terbuat dari besi cor tetapi sayap ekstensinya terbuat dari alumunium.

 

FENCE
setelah meja dan motor, kemungkinan fitur ini yang sering membedakan merk atau jenis table saw adalah fence. fence table saw harus akurat (tetap sejajar sempurna dengan mata gergaji) dan mudah di sesuaikan. fence yang lentur atau bergerak saat di gunakan dapat slip dan fatalnya akan menyebabkan kickback yang berbahaya.
saat memilih table saw, selalu perhatikan fancenya. jika anda mendapat fence itu mudah di pindah atau geser, bisa terkunci di tempatnya dengan kokoh dan tetap diam pada sudut yang lurus, mungkin itu merupakan table saw yang baik.

 

TILT
secara umum, penyesuaian bevel 0 sampai 45 derajat. ada table saw miringnya ke kanan, tetapi juga beberapa table saw mengunakan mekanisme miringnya ke kiri. masalah presepsi orang yang berbeda menjadi sedikit bermasalah, karena sebagian besar saat melakukan pemotongan memiliki fance yang di posisikan di sebelah kanan mata pisau, mata gergaji yang di miringkan ke kiri umumnya di anggap lebih aman. memiringkan mata pisau ke kiri dan menjaga agar potongan kayu tidak terjepit di fence. adapula table saw yang mempunyai mata pisau yang miringnya ke kanan, semuanya tergantung presepsi dan kebiasaan si pengguna. ketika kita menggunakan alat sesuai dengan fungsinya dan menggunakan alat sefty rasanya mau miring ke kanan dan ke kiri akan terasa aman aman saja. tetapi tetap waspada ya.

 

DUST COLLECTION
menggunakan table saw dapat banyak sekali meninggalkan serbuk gergaji setelah pemakaian, dengan adanya sistem pipa Dust Collection table saw anda akan membuat motor tetap terjaga dingin dan kebersihannya terjaga. hampir semua table saw memiliki pipa pembuangan serbuk gergaji di belakang mesin. menambahkan alat penyedot debu (vacum cleaner/Dust Collection) pada pipa pembungan akan sangat membantu menyedot semua sisa sisa serbuk gergaji.

ingat saat anda ingin memutuskan membeli jenis table saw yang akan di gunakan bekerja di dalam ruangan, anda akan ingin memilih table saw yang mempunyai pipa pembuangan agar bisa terhubung ke Dust Collection/vacum clener, tidak hanya untuk menjaga debu udara ruangan anda, tetapi juga untuk menjaga table saw dan lantai bengkel anda tetap bersih.

 

MITRE GAUGE
salah satu fiture yang di temukan pada semua table saw adalah mempunyai mitre gauge dan slot pada kedua sisi kanan dan kiri mata gergaji. mitre gauge harus kokoh dan sudutnya mudah di sesuaikan, sudutnya harus tetap kuat ketika di kunci kencang saat di gunakan. mitre gauge harus bisa meluncur pada landasannya/slotnya tanpa mengurangi keakuratannya.

ada dua jenis slot mitre gauge: slot persegi panjang dan T-Slot. slot mitre persegi panjang hanya memiliki 3 sisi ke slot. sedangkan T-slot akan memiliki alur sempit pada kedua sisi dasarnya, memberikan slot bentuk seperti T terbalik. T-slot mitre memiliki tambahan pada dua sisi dasarnya memungkinkan agar menjaga mitre gauge tidak keangkat saat di gunakan.

 

Safety Features
salah satu kemajuan utama pada industri table saw beberapa tahun terakhir ini adalah fitur keselamatan. karena table saw merupakan alat woodworking yang paling berbahaya yang kita gunakan. sangat masuk akal fitur keselamatan pada table saw harus meningkat terus menerus agar menguranginya kecelakaan kerja. beberapa fitur keamanan yang paling berguna adalah

  • Saklar on off
    besar dan bergaya dayung ( tombol Off lebih menonjol dari pada tombol ON) ini memungkinkan anda bisa mematikan table saw dengan kaki atau lutut.

 

  • Riving knife
    potongan besi ini berada tepat di belakang mata gergaji dan lebarnya sama denga mata gergaji. saat dua potongan kayu melewati bilah, pisau membuat papan terpisah, mencegah kayu terjepit ke bilah dan mengakibatkan kickback. riving knife yang baik harus dapat dinaikan atau turunkan dengan mata gergaji secara otomatis.

 

  • Pawls anti-kickback
    beberapa table saw memiliki anti kickback di kedua sisi di belakang mata pisau. bahannya terbuat dari logam dan pegas dengan gigi yang menekan ke bawah jika papan di dorong maju melewati mata pisau dengan Pawls anti-kickback papan tersebut tidak akan kembali terdorong ke arah si pengguna. tetapi Pawls anti-kickback juga dapat merusak permukaan papan.

 

  • Blade guards
    sebagian besar table saw juga memiliki Blade guards yang dapat di lepas, dengan bahan plastik atau mika tunggal atau ganda yang menutupi bagian atas mata gergaji, untuk mencegah kontak tangan atau badan yang tidak disengaja mengenai mata pisau yang sedang memotong. beberapa Blade guards dirancang sangat baik, sementara itu ada juga yang merasa terhalangi dan di buat kerepotan dari pada menjaga keselamatannya. banyak pengguna table saw yang tidak sedikitjuga melepaskan pengaman ini.

 

  • Blade brake
    salah satu produsen table saw telah mengembangkan sistem pengereman mata pisau yang revolusioner yang menghentikan mata pisau setiap kali ada bagian tubuh yang bersentuhan dengan blade. mekanisme ini sekarang menjadi bagian dari sebuah model yang di produksi oleh SAWSTOP dan telah diketahui dengan adanya mesin yang menggunakan sistem blade brake telah banyak menyelamatkan pekerja kayu dari cidera yang ringan sampai fatal. SAWSTOP adalah satu satunya pabrikasi yang menerapkan sistem blade brake, sistem ini telah mendapatkan pengauan luas untuk mencegah kecelakaan, tetapi juga merupakan mesin yang mahal, karena mata gergajinya (sistem pengeremannya) harus di ganti satu set jika pengeremannya telah aktif berfungsi. tentunya keselamatan diri sendiri adalah hal yang terpenting bagi kita semua, tidak ada yang bisa di lakukan lagi jika kita kehilangan salah satu bagian dari tubuh kita, bahkan kita bisa berhenti bekerja. jadi tetap hati hati setiap melakukan atau menggunakan alat alat yah.

fitur lain yang perlu di pertimbangkan saat membeli table saw adalah apakah anda akan menggunakan mata pisau dado atau tidak. ini biasanya merupakan tehnik joint yang di gunakan pada pembuatan furniture. namun jika anda memilih itu, anda perlu memilih table saw yang mempunya tenaga besar dan as motornya panjang.
fiture tambahan lainnya adalah fiture penambahan sayap pada bagian meja kanan dan kiri, fance yang lebih panjang untuk memotong benda yang lebar.

dalam beberapa kasus, fitur yang di uraikan di atas mungkin tampak sepele dalam fungsinya, sedangkan fitur lain tampak lebih jelas jelas berguna fungsinya. ini adalah keputusan anda, hanya anda yang dapat mempertimbangkan, karna anda tahu bagaimana anda ingin menggunakan gergaji yang terbaik.

satu kata terakhir dari catatan ini: table saw hanya akan menghasilkan potongan yang baik jiga menggunakan mata pisau yang sesuai, menggunakan table saw yang bagus dengan mata pisau yang tidak sesuai dan murah akan menghasilkan potongan yang tidak sempurna. selain itu menjaga mata pisau agar tetap bersih dan tajam akan membuat pemakaian bertahan lebih lama.

Facebook Comments

kedaipallet

woodworking enthusiast

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *