10 aturan woodworking

woodworking bisa menjadi aman dan hobi yang menyenangkan jika kamu mengikuti beberapa aturan keselamatan basic woodworking. meminimalisir kecelakaan kerja adalah hal yang sangat penting bagi semua pekerja, kecelakaan kerja bukan hanya dari kelalaian manusia bisa jadi peralatan yang kita gunakan kurang di maintence dengan baik. woodshop bukanlah tempat untuk bermain, kita harus tetap sefty saat bekerja. Lakukan 10 aturan ini untuk kebiasaan dan pengalaman pertukangan Anda akan lebih aman dan lebih menyenangkan.

1. selalu menggunakan pelaratan keamanan
Aturan pertama dan paling penting dari pengerjaan kayu adalah untuk memakai peralatan keamanan yang sesuai. perlindungan pendengaran diperlukan untuk beberapa alat yang sangat bising seperti router dan planer, dan sarung tangan lateks, masker debu, begitu juga dengan kacamata keselamatan

2. Kenakan pakaian yang tepat
Setiap kali bekerja di woodshop, ingatlah untuk menghindari pakaian yang longgar, karena Anda tidak ingin pakaian Anda terjerat dalam mata gergaji atau mesin pemotong lainnya. Kenakan pakaian yang nyaman untuk lingkungan tempat Anda bekerja, tetapi juga akan melindungi tubuh Anda dari serpihan kayu sembarangan yang mungkin timbul dari pemotongan. Sebelum memulai, jangan lupa untuk melepas perhiasan yang menggantung seperti rantai leher atau gelang.

3. Hindari obat obatan dan Alkohol
setiap pekerjaan yang di lakukan ketika mabuk sangat berbahaya. harus keluar dari woodshop jika anda ingin selamat, halusinasi yang berbahaya karna banyak peralatan yang tajam yang bisa melukai diri anda sendiri.
Anda akan jauh lebih kecil kemungkinannya menghadapi masalah jika Anda bersih dan sadar ketika bekerja dengan peralatan listrik Anda.

4. putuskan koneksi arus listrik ketika sedang mengganti mata pisau
Kapan pun Anda mengganti pisau atau bit pada perkakas listrik, selalu putuskan sambungan listrik ke perkakas listrik bahkan sebelum memulai penggantian pisau. Banyak tukang kayu kehilangan jari (atau lebih buruk) dengan melupakan aturan sederhana namun sangat penting ini.

5. Coba menggunakan satu kabel ekstensi
Gunakan satu kabel ekstensi tugas berat, Bukan satu kabel satu alat. Dengan cara ini, Anda dipaksa untuk mengganti kabel dari alat ke alat sebelum alat tersebut dapat digunakan. Dengan cara ini, Anda selalu ingat untuk menancapkan dan mencabut daya saat berpindah dari satu alat ke alat lainnya, dan Anda akan lebih sadar akan kebutuhan untuk memutuskan daya saat membuat perubahan bit atau blade.

6. Menggunakan Pisau dan Bit tajam
alat pemotong yang tumpul adalah alat yang berbahaya. Jika mata gergaji tidak setajam yang seharusnya, alat dan tukang kayu harus bekerja lebih keras untuk menyelesaikan tugasnya. Dalam kasus seperti itu, alat akan lebih cenderung untuk kick back atau liat. Selain itu, alat pemotong yang lebih tajam akan menghasilkan potongan yang lebih bersih, jadi tidak hanya menguntungkan keamanan di sini. Jaga agar pisau tetap tajam dan bersih dan Anda akan lebih aman dan mendapatkan hasil yang lebih baik.

7. selalu periksa paku, sekrup dan benda logam lainnya
selalu periksa bahan yang akan anda potong, sebelum memulai memotong periksalah setiap bagian bagian dari kayu. hindari benda seperti paku, sekrup, atau logam lainnya yang menempel pada kayu. mata pisau pertukangan mempunyai putaran yang sangat cepat, jika spesifikasi mata pisaunya tidak bisa untuk memotong segalanya akan sangat berbahaya bisa kick back dan bahkan mematahkan mata pisau. agar aman gunakanlan alat detektor logam.

8. selalu bekerja berlawanan dengan arah putaran pisau pemotong
perkakas listrik pertukangan dirancang sedemikian rupa sehingga kayu bergerak melalui mata pisau karna itu posisi bekerja pada arah berlawanan dengan arah putaran pisau.

9. jangan mendorong kayu melewati mata pisau dengan tangan
saat bekerja menggunakan tabel saw, miter saw, dll jangan pernah meletakkan tangan anda di dekat mata pisau yang berputar, terutama saat berupaya membuang sisa potongan. tunggu sampai mata pisau berhenti berputar. lebih baik lagi, saat mendorong atau mengambil sisa potongan kayu menggunakan tongkat pendorong untuk menjauhkan sisa potongan dari mata pisau

ingat bahwa saklar dapat mengalami benturan atau kerusakan secara tidak sengaja, jadi jangan terlalu santai meletakkan tangan anda terlalu dekat dengan mata pisau.

10. hindari gangguan saat bekerja
gangguan adalah bagian dari kehidupan sehari-hari. saat anda dipanggil atau terganggu saat sedang melakukan pemotongan, ingatlah untuk selalu menyelesaikan potongan sampai selesai dan aman untuk di tinggalkan. cabutlah konektor daya listrik sebelum anda menyelesaikan gangguan itu

Facebook Comments

kedaipallet

woodworking enthusiast

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *