Gergaji tangan / Handsaw

Gergaji merupakan salah satu perkakas wajib yang harus kita miliki di rumah/Workshop.  Gergaji   memiliki beragam jenis dan fungsi masing masing ada yang khusus memotong kayu, triplek, besi, pipa, dan yang bisa memotong berkelok kelok. Pada artikel ini saya akan menjelaskan beberapa jenis gergaji tangan, yang pertama adalah:

 

 

1.Handsaw /Rip Saw

Jenis ini  adalah gergaji yang sering kita lihat biasa di pakai tukang tukang bangunan, fungsi utamanya adalah untuk memotong dan membelah kayu. Untuk mempertahankan ketajamannya gergaji ini bisa di asah menggunakan kikir khusus. Dengan harga yang relatif murah gergaji ini salah satu perkakas wajib yang harus kita punya, selain untuk memotong kayu, gergaji ini bisa kita gunakan untuk memotong ranting pohon atau triplek. Walaupun hasilnya kasar tapi sangat di butuhkan.

Ada 2 jenis mata gergaji tangan yang mempunya kegunaan sesuai fungsinya, antaralain adalah:

Mata gergaji potong/kerat

Mata gergaji potong/kerat digunakan untuk memotong secara melintang. Gergaji ini biasanya lebih rapat dari pada mata gergaji belah.cara penggunaan gergaji ini Condongkan gergaji 45* pada benda kerjanya.

 

Mata gergaji belah.

Mata gergaji belah biasanya di gunakan untuk membelah kayu mengikuti serat kayunya,

Dengan mata gergaji lebih lebar. sangat mudah dikunakan untuk membelah kayu. Cara penggunaan gergaji ini di condongkan pada 60* pada benda kerja yang akan di potong.

Gergaji ini biasanya lebih panjang dari pada gergaji potong/kerat.

 

2.Coping saw

Coping saw adalah gergaji yang di khususkan untuk memotong pola atau bentuk rumit pada triplek atau papan kayu. Bentuk dari gergaji ini menyerupai huruf U yang berfungsi untuk mempermudah dalam proses pemotongan . dengan mata gergaji yang kecil dan tipis gergaji ini sangat membantu untuk membuat pola lengkung. Mata gergajinya tidak bisa di asah, jika sudah tumpul kita harus membeli lagi yang baru. Jangan kawatir harga mata pisaunya retalif murah.

 

3.Hack saw/Gergaji besi

Hack saw/gergaji besi merupakan gergaji khusus untuk memotong logam besi maupun PVC. Dengan bentuk mirip seperti coping saw namun mata gergaji ini lebih lebar dan lebih lebih halus dengan jarak antara mata sangat rapat. Dengan kerapatan setiap mata gergaji ini, sangat sulit untuk di asah.  Sama seperti choping saw mata gergajinya bisanya di ganti apabila sudah tumpul.

 

4.Back saw/ gergaji punggung

Backsaw/ gergaji punggung memiliki plat bei tambahan pada bagian punggung gergaji yang fungsinya untuk menahan gergaji agar tetap lurus pada saat proses pemotongan. Sangat cocok untuk di pakai membentuk potongan diagonal seperti bingkai dan sambungan lemari.

 

5.Crosscut saw

Crosscut saw berfungsi untuk memotong kayu/pohon yang besar atau lebar secara melintang. Gergaji ini mempunyai gigi yang besar dan lebar.

 

6.Japanese handsaw

Japanese handsaw memiliki ketajaman mata pisau yang sangat baik di bandingkan dengan gergaji tangan lainnya. Dengan ukuran yang lebih tipis namun sangat kuat saat di pakainya.

Kegunaan gergaji jepan ini relatif sama dengan backsaw.

 

 

 

Facebook Comments

kedaipallet

woodworking enthusiast

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *